puts "Say hello to my little friend!"

๐Ÿฅ‘ Appetizer

Sekitar awal tahun 2022 yang lalu, ada sebuah game simple dengan nama Wordle yang sukses membuat fenomena baru di internet. Dalam game ini, tugas kita adalah untuk menebak sebuah kata dalam 6 kali kesempatan. Kata ini terdiri dari 5 huruf dan unik/berbeda setiap harinya.

Setelah booming-nya Wordle, banyak sekali varian-varian yang muncul dengan tema serupa. Salah satu yang menarik perhatian gua adalah Framed, mau tau lebih lanjut?

๐Ÿฅฉ Main Course

A. Apa itu Framed?

Secara sederhana, Framed adalah Wordle bagi penikmat sinema. Berbeda dengan Wordle, dalam Framed objek yang akan kita tebak adalah sebuah judul film. Setiap harinya, Framed akan menyajikan satu buah judul film yang harus kita tebak melalui 6 buah frames dari film tersebut.

Saat tulisan ini dibuat, Framed sudah sampai di seri ke #106, yang artinya Framed sudah menyajikan 106 buah judul film untuk dimainkan selama ini.

B. Bagaimana cara memainkan Framed?

Framed bisa diakses melalui link berikut: https://framed.wtf/. Saat pertama kali dibuka, website akan menampilkan sebuah frame dari sebuah judul film yang akan kita tebak. Di bawah gambar frame tersebut akan ada sebuah teks box tempat kita mengisi jawaban. Jika diketikkan, website akan menampilkan sugesti/auto-completion dari judul film yang bisa kita pilih.

Framed Website

Jika sudah yakin dengan jawaban yang dipilih, silahkan klik tombol SUBMIT yang terletak pada bagian kanan teks box. Jika kita gagal menebak, website akan menampilkan icon X berwarna merah pada judul film yang kita pilih.

Framed Website

Kemudian website akan menampilkan petunjuk selanjutnya berupa frame lain dari film yang sama. Silahkan pilih kembali judul film yang dirasa tepat.

Framed Website

Jika kita menebak judul film dengan benar, website akan menampilkan tampilan seperti gambar di bawah.

Framed Website

Selamat! Kamu baru aja menang game Framed untuk hari ini. Game selanjutnya bisa dimainkan kembali esok hari pada pukul 12 malam.

C. Statistik Framed

Framed juga menyediakan statistik dari permainanmu, lho. Cara melihatnya adalah dengan menekan icon leaderboard (icon yang berbentuk seperti tangga) pada bagian atas kanan website. Statistik ini akan menampilkan jumlah game yang telah kamu mainkan, persentase menang, distribusi tebakan, dll.

Framed Website

๐Ÿฐ Desert

Gimana? Seru kan main Framed?

Kalo kamu merasa puas dengan game ini dan ingin mengapresiasinya, kamu bisa melakukan donasi kepada pengembang dari game ini melalui link berikut: https://ko-fi.com/E1E5BMF36.